RAMADHAN PNS PULANG LEBIH AWAL

Selasa, 15 Mei 2018 07:58:34 - Oleh : IKPS

Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kulon Progo dalam rangka peningkatan kualitas pelaksanaan ibadah puasa pada bulan Ramadan 1439 H/2018 M jam kerjanya mengalami pengurangan. Hal ini mendasar Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 336 tahun 2018 tentang Penetapan Jam Kerja ASN, TNI dan POLRI pada bulan suci Ramadhan.

Dijelaskan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo Drs.Rudiyatno,MM, tindaklanjut dari Kemenpan ini adalah Surat Edaran Pemkab Kulon Progo Nomor 800/2637 tentang Pelaksanaan Jam Kerja pada bulan Ramadhan 1439 H/2018 M, bagi instansi yang melaksanakan 5 hari kerja Senin sampai Kamis pukul 07.30 - 15.15 WIB, sedangkan Jumat 07.30 - 11.00 WIB. Bagi instansi yang melaksanakan 6 hari kerja, jam kerja diatur oleh masing-masing Kepala SKPD dengan ketentuan 32,5 jam/minggu.

Sementara bagi SKPD/unit kerja yang berfungsi memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat secara terus menerus (24 jam) seperti RSUD, Puskesmas Rawat Inap, Badan Penanggulangan Bencana, satuan pengamanan atau pelayanan lain yang sejenis agar diatur dengan sistem shift oleh masing-masing Kepala SKPD/unit kerja. Sedangkan untuk pengaturan jam kerja pada sekolah SD, SMP atau sederajat disesuaikan dengan kalender pendidikan tahun 2018.

"Meskipun bulan puasa semangat kerja tetap seperti biasa, sehingga mengawali tugas dengan apel tetap berjalan sebagaimana sebelum puasa,"terang Rudi.

Terkait pengurangan jam kerja, Nining salah satu PNS mengaku senang, karena dengan pulang lebih awal bisa mempersiapkan buka untuk keluarga dengan lebih leluasa.

« Kembali | Kirim | Versi cetak