Peduli Lingkungan, DLH Selenggarakan Bersih Sungai Serang

Senin, 16 April 2018 08:08:16 - Oleh : media center

SMA N 2 WATES JUARA PERTAMA LOMBA KETERBUKAAN INFORMASI

Pemerintah Revisi Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018

Presstour Lokal, Dinas Kominfo dan PWK Kunjungi IKM Dwi888

IDEALISME DAN NASIONALISME MENJADI SEMANGAT PENGEMBANGAN PRODUKSI AIR""KU

Desa Bumirejo dan Desa Sendangsari Jadi Pelopor SID Bela Beli Kulon Progo

WATES, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo bersinergi dengan Badan Lingkungan Hidup DIY serta kelompok Penggiat Lingkungan Hidup Kulon Progo menyelenggarakan Bersih Sungai Serang dengan titik lokasi kumpul berada di rumah Ribut Prasetyo salah satu warga Karang Tengah Kidul RT 10 RW 5, Margosari, Pengasih. Minggu (15/4) . Tujuan dari kegiatan tersebut dalam rangka mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan khususnya Sungai. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 150 personil terdiri dari perwakilan KODIM 037 kulon Progo, Satuan Polisi Pamong Praja, POLRES, perwakilan dari OPD di lingkungan Kulon Progo, Saka Wirakartika, Saka Kalpataru dan juga warga sekitar Sungai Serang, Dayakan.

Arif Prastowo selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup mengajak untuk risau terhadap sampah, risau terhadap sungai dengan peduli terhadap kebersihan lingkungan serta mempromosikan kegiatan positif untuk mengolah sampah. Ada banyak sungai di Kulon Progo dan salah satunya adalah Sungai Serang yang telah memberikan manfaat terhadap ekosistem disekitar. Kebersihan Sungai menjadi tanggungjawab bersama bukan hanya dari Pemerintah namun juga masyarakat.

“ Mari kita merisaukan sampah yang ada disekitar kita, merisaukan sungai yang ada disekitar kita dengan peduli terhadap kebersihan disungai tersebut. Mari kita promosikan kegiatan-kegiatan yang positif untuk mengolah sampah. Ada banyak sungai di Kulon Progo dan salah satunya adalah Sungai Serang. Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan. Kebersihan sungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah namun juga kita semua, masyarakat Kulon Progo.” ujar Arif

Salah satu anggota Saka Wira Kartika, Fachrulikhhza Ilham Santosa (16 tahun) menrangaku senang dapat mengikuti kegitan Bersih Sungai Serang, serta berharap kegiatan yang sama dapat dilakukan dikemudian hari secara rutin meskipun di tempat yang berbeda.

“Saya senang dapat mengikuti acara Bersih Sungai Serang, kegiatan peduli lingkungan juga sering Saka Wirakartika lakukan, namun untuk bersih sungai merupakan yang pertama saya ikuti. Harapannya semoga kegiatan yang positif seperti ini dapat terus diadakan, secara rutin kalau beda, meskipun tempatnya berbeda. Papar Ilham saat diwawancai selesai kegiatan Bersih Sungai Serang (15/4)

Disis lain Putri (34 tahun) salah satu Penggiat Lingkungan Hidup Kulon Progo menyampaikan bahwa kegiatan Bersih Sungai Serang merupakan wujud kepedulian terhadap Sungai Serang, untuk melanjutkan kegiatan Bersih Sungai rencananya di Bulan Oktober akan diagendakan kegiatan Bersih Pantai.

“Dengan kegiatan peduli lingkungan ini semoga dapat menjadikan Kulon Progo tetap lestari” katanya

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak