PENGUKUHAN KIM BERIMAN 38 DESA BENDUNGAN

Jum`at, 19 Mei 2017 15:34:08 - Oleh : Bidang IKP Statistik

SELESAIKAN SIM OBAT DISKOMINFO GELAR UJI COBA DAN PELATIHAN PENGGUNA APLIKASI

Kulon Progo Tuan Rumah Festival dan Olimpiade ABK Tingkat DIY

PENGUKUHAN KIM NYI AGENG SERANG COMMUNITY DESA TUKSONO SENTOLO

Warga Terdampak Bandara Mendapat Pelatihan Satpam

RAKOR PPID GELAR PENJELASAN MONEV BADAN PUBLIK 2017

 

Di era sekarang pertanian dengan menggunakan pupuk organik menjadi trend, dengan adanya pupuk pabrik atau non organik yang sebelumnya telah menjadi pilihan oleh para petani, namun kurang sehat untuk di konsumsi. Meski demikian hasil pertanian Kulon Progo dari  pupuk organik seperti beras organik masih minim. Untuk itu pemanfaatan pupuk organik yang bahan bakunya mudah didapatkan oleh para petani perlu terus di dorong.

                Hal tersebut dikatakan Supriyanto Raharjo, S.Pt dari Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, dalam Sosialisasi Pupuk Kompos di Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Beriman 38 di Berenan Bendungan Wates, Jum at (19/5).  Acara diawali dengan pengukuhan pengurus KIM Beriman 38 masa bhakti 2017-2022 yang diketuai Ngatijo oleh Kades Bendungan Mujiyo, SE. Turut hadir Kadinas Kominfo Kulon Progo Drs.R.H.Agus Santosa, MA, Camat Wates Ir.Aspiyah, MSi, Ketua BPD Desa Bendungan Supriyono, SE, MM dan seluruh anggota KIM.    

                "Permintaan beras organik di luar sangat tinggi, sedangkan di Kulon Progo masih minim, untuk itu mari kami mengajak para petani di Bendungan ini mampu memproduksi pupuk organik melalui pembuatan pupuk kompos di masing-masing kelompok, sehingga kalau tidak dijual menambah penghasilan juga mengkonsumsi beras yang sehat,"terang Supriyanto.

                Hal senada dikatakan pembicara lainnya Sudaryono mewakili Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo sekaligus praktisi pupuk organik, bahwa pemanfaatan pupuk dari kotoran juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, karena kandungan yang berbeda-beda, kotoran ayam atau puyuh banyak unsur N, sementara pupuk Kambing banyak unsur K, sementara kotoran Sapi mengandung semua unsur. Sehingga dalam pemanfaatan harus diketahui kalau hanya untuk daun saja hanya dipupuk yang kandungan N banyak, tetapi tentu untuk yang menghasilkan buah tidak membutuhkan N yang banyak.

                Sementara adanya KIM yang baru dikukuhkan Kades Mujiyo, SE berharap dapat bermanfaat banyak bagi warga masyarakat desa Bendungan, sesuai dengan harapan dibentuknya KIM oleh Dinas Kominfo Kulon Progo.

                Camat Aspiyah berharap para pengurus yang terbentuk dapat bekerja untuk meningkatkan pengetahuan dan informasi sehingga warga Bendungan lebih maju dalam akses informasi.

                Sedangkan Kadinas Kominfo Drs.R.H.Agus Santosa,MA selain menyampaikan selamat atas dikukuhkan pengurus KIM, yang kedua kalinya setelah sebelumnya juga dilakukan pengukuhan KIM di desa Hargotirto Kokap, yang diharapkan khusus di Kecamatan Wates terbentuk KIM di masing-masing desa/kelurahan. 

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak